Minggu, 02 September 2012

Enam Manfaat Minum Kopi

Enam Manfaat Minum Kopi Minum kopi bagi sebagian banyak orang sangat mengasyikkan. Bahkan semacam kecanduan. Kopi tidak saja digunakan sebagai minuman biasa. Dari sekedar minuman untuk mengawali hari biar lebih fresh dan penuh semangat, sampai supaya tidak mengantuk untuk begadang menonton bola. Ya, ada beragam alasan orang untuk menyukai meminum kopi.




Tapi tahukah Anda, meskipun minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar hormon stress kortisol dan menumbuhkan ketergantungan pada kafein, ternyata konsumsi kopi juga bisa bermanfaat buat kesehatan – jika Anda membatasi krim dan gula.
Berikut beberapa manfaat konsumsi kopi :
1. Pencegahan Batu Empedu
Peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang sama bagi laki-laki.
2. Mencegah Depresi
Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari memiliki kemungkinan 15 persen lebih tinggi untuk mengalami depresi, dan mereka yang minum empat cangkir, 20 persen lebih rendah, menurut laporan 2011 di “Archives of Internal Medicine.
3. Peningkatan memori
Dalam sebuah penelitian di tahun 2005 disajikan di Masyarakat Radiologi Amerika Utara, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek.
Para peneliti telah menemukan fakta bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer, para peneliti di University of South Florida pada tahun 2011 merekomendasikan minum empat sampai lima cangkir setiap hari, mulai di usia pertengahan, untuk meningkatkan GCSF, faktor granulocyte colony stimulating, yang menurun pada pasien Alzheimer dan meningkatkan memori pada tikus.
4. Mengurangi Risiko Kanker
Konsumsi kopi juga berhubungan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat endometrium, kanker hati, obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi pada tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.
Sebuah studi 2011 di “Penelitian Kanker Payudara” menemukan bahwa minum lima atau lebih cangkir bisa diartikan, peluang 20 persen lebih kecil untuk mengalami estrogen-reseptor-negatif kanker payudara. Dan, mengutip penelitian tentang pengaruh kopi terhadap diabetes, meneliti juga menemukan bahwa minum lebih dari empat cangkir per hari dikaitkan dengan 25 persen penurunan risiko untuk kanker endometrium.
Tapi itu bukan hanya wanita yang beruntung. Sebuah studi baru-baru keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa konsumsi reguler kopi tanpa kafein menurunkan risiko kanker prostat.
5. Meningkatkan Metabolisme
Kopi dapat membantu Anda mempertahankanberat badan. Sebuah studi sejauh tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme.
6. Mencegah Gout atau Asam Urat
Sebuah studi pada tahun 2007 tentang laki-laki berumur 40-an lebih yang mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang ternyata berhubungan dengan rendahnya risiko terkena gout atau asam urat, yang biasanya terjadi karena kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Konsumsi Kopi tanpa kafein secara teratur juga memiliki efek yang sama, dan mereka yang minum kopi enam cangkir sehari mengalami risiko 60 persen lebih rendah terkena gout.
Jadi, buat Anda penikmat kopi boleh lah bernapas lega. Karena dibalik hobi menikmati kopi ternyata tersimpan banyak manfaat kesehatan.

100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Enam Manfaat Minum Kopi Reviewed by Portal Berita Terbaru on 2012-09-02T16:54:00-07:00 Rating: 5

Posted by :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
| Disclaimer | Term of use | Privacy Policy | Contact Us | | Ping.sg

Copyright 2013 - Hak Cipta Dilindungi Undang-undang | Support By Blogger Berita Teknologi Terbaru